Home / Uncategorized / PKPM Darmajaya Dorong Desa Kembangkan Produk Rakyat

PKPM Darmajaya Dorong Desa Kembangkan Produk Rakyat

Bandar Lampung –  Dorong desa mengembangkan produk rakyat, sebanyak 147 mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya siap melaksanakan program Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) pada 6 Februari – 3 Maret mendatang.
Mahasiswa PKPM akan tersebar di 17 desa di 3 kecamatan di Kabupaten Tanggamus yakni Kecamatan Gisting, Kota Agung Barat, dan Kota Agung Timur. Ketua Pelaksana PKPM, Edi Pranoto, SE., MM mengatakan, 147 mahasiswa PKPM terdiri dari 62 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer, dan 75 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Bisnis.
“Produk rakyat menjadi salah satu potensi besar yang dimiliki setiap desa. Untuk itu mahasiswa PKPM Darmajaya akan berupaya mendorong desa untuk lebih mengoptimalkan produk rakyat baik berupa kerajinan tangan, cenderamata, kuliner, maupun produk hasil olahan hasil alam dari desa tersebut,” ujarnya.
Lanjut Edi, untuk itu melalui PKPM juga mahasiswa akan mendorong terbangunnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sehingga produk yang dihasilkan masyarakyat lebih mudah dipasarkan dan membentuk desa yang mandiri.
Diungkapnya, pada periode PKPM sebelumnya, mahasiswa Darmajaya berhasil memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) desa dengan ikut memberikan ide dalam mengembangkan inovasi dan variasi produk. Beberapa diantaranya, usaha dodol pepaya, keripik buah naga, sirup kopi, bakso jamur, dan masih banyak lainnya.
“Nantinya 147 mahasiswa akan terbagi menjadi 29 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari lima mahasiswa dan didampingi seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Setiap kelompok merupakan kolaborasi antara mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi Bisnis,” paparnya.
Lanjut Edi, sebelum melaksanakan PKPM, mahasiswa akan mendapat pembekalan dan pelatihan yang dilaksanakan pada 3 Februari mendatang. Tujuannya, agar mahasiswa sesampainya di desa telah mengetahui program apa yang akan mereka laksanakan.
Edi menjelaskan, selama satu bulan, mahasiswa PKPM Darmajaya akan melaksanakan beberapa program. Diantaranya, membangun atau mengembangkan website desa, serta mengedukasi masyarakat tentang teknologi informasi dan komputer (TIK) oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer.
Sementara mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Bisnis melaksanakan program membangun atau mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) desa, memberikan pelatihan pemasaran, dan laporan keuangan.
Terpisah, Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat LP4M Darmajaya, M. Ariza Eka Yusendra, SP., MM menuturkan, PKPM merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan Darmajaya dibidang pengabdian masyarakat.
“Melalui kegiatan ini, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengabdikan diri, belajar bersosialisasi dengan masyarakat, dan mengaplikasikan ilmunya untuk kemajuan desa,” ujarnya.
“Mudah-mudahan kehadiran mahasiswa PKPM Darmajaya bisa bermanfaat bagi, bersumbangsih memperkuat perekonomian desa, mewujudkan desa IT di Lampung, dan memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa,” harapnya.(*)
* Hudar – PORTALINSPIRATIF.com
Keterangan Foto : Kampus Ibi Darmajaya, Lampung

Cek Juga

GOR Sukadana dan Gedung Islamic Center Lampung Timur Siap Jadi Lokasi Isolasi Covid-19

Dibaca : 10 Beritaberlian.com, SUKADANA – Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari beserta jajaran bergerak cepat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to friend