Home / Daerah / Mustafa Resmikan Balai Adat di Kecamatan Buminabung

Mustafa Resmikan Balai Adat di Kecamatan Buminabung

Beritaberlian.com, Lampung Tengah – Tujuh kampung di Kecamatan Bumi Nabung rampung merenovasi Balai Adat. Yakni di Kampung Bumi Nabung Ilir. Peresmian balai adat tersebut, dilakukan langsung oleh Bupati Lamteng, Dr. Ir. H. Mustafa, M.H pada saat kunjungan kerja di Kampung Bumi Nabung belum lama ini.

Di Kampung Bumi Jagung Ilir, Kecamatan Bumi Nabung, Bakal Calon Gubernur Lampung tersebut, meresmikan 1balai adat dan pembangunan infrastruktur di 7 kampung lainnya. Acara yang digelar di Balai Adat Kampung Bumi Nabung Ilir itu, sangat meriah dan dihadiri Camat Bumi Nabung, Abdul Wahab, Kepala Kampung Bumi Nabung Ilir, Rokhimi, Kakam Bumi Nabung Baru, Saidi, Kakam Bumi Nabung Selatan, Edy Susanto, Kakam Bumi Nabung Timur, Solikin Kakam Bumi Nabung Utara Sumari,SPd. Kakam Sri kencono, Agus Susilo, Kakam Sri kencono Baru Budi dan seluruh tamu undangan lainnya.

Menurut Kakam Bumi Nabung Ilir, Rokhimi, direnovasinya balai adat yang ada di Kampung Bumi Nabung Ilir ini, karena balai adat sebagai wahana pelestarian adat budaya sekaligus tempat berkumpulnya para penyimbang atau tokoh adat dalam melakukan pembahasan terkait keadaan kampung.

 

Selain tempat berkumpul, juga sebagai tempat penyelenggaraan pesta adat begawi. ”Saya merasa bangga, dengan dibangunnya atau direnovasinya balai adat ini menunjukkan komitmen Bupati Lamteng, H. Mustafa, untuk melestarikan adat budaya warisan leluhur,” jelas Rokhimi, kepada Wartawan BeritaBerlian.com, saat ditemui disela-sela peresmian berlangsung.

Dalam sambutannya, Bupati Lamteng, H. Mustafa, mengatakan pembangunan atau renovasi balai adat di Kecamatan Bumi Nabung ini supaya kita merasakan sebagai orang Lampung Tengah bukan orang mana-mana. Sehingga dengan direnovasinya balai adat para penyimbang atau tokoh adat bisa menggunakannya untuk kegiataan adat dan terus melestarikan adat budaya Lampung.

”Saya berharap, penyimbang atau tokoh adat dan masyarakat dapat menjaga, merawat dan memotivasi untuk dapat terus melestarikan adat budaya warisan leluhur tersebut. Apa yang telah kita buat hari ini adalah untuk rakyat dan kenangan anak cucu kita,” harap Bupati ronda.

Sementara Camat Bumi Nabung Abdul Wahab, selain diresmikannya 1 balai adat dan pembangunan infrastruktur bagi 7 kampung di Kecamatan Bumi Nabung. Kedatangan Bupati ronda di Kecamatan Bumi Nabung tersebut, juga dilakukan pembagian SK tenaga honorer dibidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan lain sebagainya.

Masih dikatakan Wahab, kunjungan kerja orang nomor satu di Pemkab Lamteng tersebut juga dilakukan pembagian intensif perangkat kampung yang terdiri dari kadus, RT serta linmas. Sesudah penandatanganan prasasti Bupati ronda juga menggunting pita tanda diresmikannya balai adat Kampung Bumi Nabung Ilir.(A.D.Saputra)

Cek Juga

Gubernur Arinal Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Dinas Kesehatan Lampung

Dibaca : 667 Berita erlian.com, Bandar Lampung — Gubernur Arinal Djunaidi meninjau pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 …

Send this to friend