Beritaberlian.com, PESAWARAN – Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Ir. Spudnik Sujono K, MM., dan jajaran didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Lampung Edi Yanto, Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama melaksanakan panen raya cabai keriting di Desa Tri Mulyo Tegineneng, Selasa (30/1).

Dalam kunjungannya tersebut Spudnik Sujono mengimbau kepada para petani cabai untuk meminimalisir penggunaan pupuk berbahan kimia dalam mengatasi organisme penggangu tanaman (OPT).

“Saya imbau agar para petani menggunakan bahan organik atau non kimia. Seperti mengatasi penyakit kuning dengan menggunakan minyak cengkeh dan bahan lainnya yang lebih aman,”ungkap Spudnik.

Diakuinya, untuk menjadikan provinsi Lampung dan Pesawaran khususnya centra cabai tidak hanya didukung oleh ketersediaan lahan. Melainkan harus didukung sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, Kementerian Pertanian akan semakin meningkatkan pengetahuan para petani cabai.

“Saya melihat Pesawaran berpotensi dijadikan sentra tanaman cabai. Untuk itu kami harus lebih dalam memberikan bantuan terhadap kawasan sentra cabai. Baik itu bantuan sarana prasarana dan bantuan lainnya,”jelasnya. (red)