Home / Daerah / Kelas Internasional IIB Darmajaya Hadirkan Dosen Luar Negeri

Kelas Internasional IIB Darmajaya Hadirkan Dosen Luar Negeri

Beritaberlian.com, BANDAR LAMPUNG — Sebanyak 15 mahasiswa semester II jurusan S1 Manajemen Kelas Internasional Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya antusias mengikuti mata kuliah Introduction to Business bersama dosen tamu dari luar negeri, Dr. Karen Fernandez dari Imus Institute of Science and Technology Philippines, Senin (21/5/2018).

Kepala International Class Manajemen, Cahyani Pratisti, MBA mengatakan program kelas internasional IIB Darmajaya telah berlangsung untuk jurusan S1 Manajemen pada semester genap tahun akademik 2017/2018.

Sistem pembelajaran kelas internasional didukung para dosen berkompeten yang men-delivery seluruh materi perkuliahan dalam bahasa Inggris. Bahkan, IIB Darmajaya seringkali mengundang dosen dari perguruan tinggi mitra dari luar negeri sebagai pembicara workshop, seminar, dan dosen tamu di Kelas Internasional IIB Darmajaya.

“Program International Class Darmajaya terbuka bagi mahasiswa dalam negeri dan luar negeri. Sistem pembelajarannya pun telah disesuaikan dengan standar global. Hal ini sebagai kesiapan IIB Darmajaya dalam mencetak lulusan berkualitas global,” kata dia.

Ia mengungkapkan, syarat mendaftar kelas internasional diantaranya memiliki nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) 450 dan lulus semua proses seleksi. Saat ini, terdapat tiga peminatan yaitu Sumber Daya Manusia, Keuangan, Pemasaran.

Dan, untuk tahun ini terdapat peminatan baru yaitu Tourism dan Hospitality. Pendaftaran mahasiswa baru kembali dibuka hingga 30 Agustus 2018. Menurut Cahyani, mahasiswa di kelas internasional didorong dan direkomendasikan untuk mengikuti program student mobility, Passage to ASEAN, joint research, dan program internasional lainnya.

Pada saat menyusun skripsi, mahasiswa kelas internasional pun bisa mendapat dosen pembimbing dari perguruan tinggi mitra di luar negeri. “Tak hanya mendapatkan ijazah, mereka juga menjadi lulusan yang dibekali dengan sertifikasi internasional. Diantaranya sertifikat microsoft office, knowledge management, dan operational management. Sertifikat tersebut dapat menunjukkan skill (kompetensi) mereka untuk mampu bersaing secara global,” kata dia.

Terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT menambahkan, era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan ASEAN Free Trade Area (AFTA) menjadi tantangan besar bagi para lulusan perguruan tinggi untuk mampu bersaing secara internasional.

“Internasionalisasi bukanlah pilihan antara mau atau tidak, tetapi menjadi tuntutan. Jika tidak, di era MEA dan persaingan global saat ini kita hanya bisa menjadi penonton di negeri sendiri. Karena itu, IIB Darmajaya terus meningkatkan kualitas pendidikan agar mutu lulusan memiliki kemampuan internasional untuk mampu bersaing secara global,” kata dia. (*)

Cek Juga

Kepincut Pake Oli, DPRD dan Disdukcapil Kabupaten Banyuasin Sambangi Lampung Selatan

Dibaca : 223   Beritaberlian.com, KALIANDA  – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Banyuasin melakukan kunjungan kerja …

Send this to friend