Home / Daerah / Penerima Bantuan Bedah Rumah Pesawaran Susun Kebutuhan Material

Penerima Bantuan Bedah Rumah Pesawaran Susun Kebutuhan Material

Beritaberlian.com, GEDONGTATAAN – Delapan desa di Pesawaran yang menerima bantuan bedah rumah bersumber dari dana APBN saat ini tengah menyusun daftar kebutuhan masing-masing material.

Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pesawaran Leoni mengatakan 8 desa penerima bantuan bedah rumah yang telah ditetapkan Kementerian yakni Desa Maja, Pagar Jaya, Sukarame,Taman Sari,Wiyono, Gunung Rejo, Margodadi dan Desa Baturaja.

“Belum lama ini kita sudah sosialisasikan tahapan berikutnya. Dan saat ini penerima bantuan dan desa tengah menyusun draft kebutuhan,” kata Leoni mewakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, M. Zaini, Senin (21/5).

Dikatakan total penerima bantuan dari 8 desa tersebut mencapai 411 orang. Selanjutnya setelah kebutuhan disusun,  akan dilakukan verifikasi lagi. Dan jika semua sudah diverifikasi baru kemudian dilanjutkan pemesanan material bangunan ke pihak ketiga. Dimana beberapa kriteria yang harus dimiliki toko material yang ditunjuk kelompok masyarakat diantaranya memiliki NPWP, SIUP dan SITU serta persyaratan lainnya.

“Untuk pemesanan kebutuhan material yang berasal dari APBN itu melalui kelompok masyarakat yang menunjuk tokonya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan,” imbuhnya.

Sedangkan lanjut Leoni bantuan bedah rumah yang bersumber dari APBD Kabupaten Pesawaran TA 2018 rencananya dialokasikan di lima desa pada Kecamatan Teluk Pandan dan Way Ratai. “Kalau pendampingan (Bedah rumah) dari APBD saat ini tengah verifikasi calon penerima bantuan, layak atau tidaknya. Setelah verifikasi, siapa saja penerimanya yang layak baru nanti di keluarkan surat keputusan (SK) dari Bupati Pesawaran,” terangnya.

Lebih jauh Leoni menambahkan, pada prinsipnya program duplikasi bantuan bedah rumah yang bersumber dari APBD Pesawaran mekanismenya sama dengan APBN. Dimana, nantinya pihak ketiga yang akan menyupply material bangunan ditentukan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dan bantuan bedah rumah yang diberikan dalam bentuk material oleh pemerintah pusat dimaksudkan agar penerima bantuan bersama warga dapat bergotong royong dalam melaksanakan bedah rumah mereka. “Kalau sumber bantuan dari APBD kita gunakan pihak ketiga, sesuai mekanisme barang dan jasa. Mudah-mudahan bantuan bedah rumah yang sumbernya dari APBN turun usai lebaran ini,” pungkasnya. (*)

Cek Juga

Bersih – bersih sampah, Wagub Chusnunia Peringati Puncak World Cleanup Day

Dibaca : 221 Beritaberlian.com, Bandar Lampung —– Acara Puncak Peringatan World Cleanup Day Tahun 2020 di …

Send this to friend