Home / Politik / Bimtek Manajemen ASN Disnaker, Sekdaprov: ASN Dituntut Cepat dalam Memberikan Pelayanan Ditengah Era Disrupsi

Bimtek Manajemen ASN Disnaker, Sekdaprov: ASN Dituntut Cepat dalam Memberikan Pelayanan Ditengah Era Disrupsi

Beritaberlian.com, Bandar Lampung — Mewakili Gubernur Lampung, Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) d Lingkungan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, bertempat di Ruang Transmigrasi Lt.II Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Jumat (30/09/2022).

Hadir dalam acara yang mengambil tema “Mewujudkan Transformasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Menuju Birokrasi Profesional” Asisten Pemerintahan dan Kesra Qudratul Ikhwan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Agus Nompitu

Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, yang menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Lampung mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, dalam upaya mengelola Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Manajemen ASN merupakan keseluruhan upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi, efektifitas, derajat profesionalisme, penyelenggaraan tugas, fungsi dan kewajiban kepegawaian yang meliputi perencanaan, pengadaan.

Selanjutnya pengembangan kualitas, penempatan, promosi, penggajian, kesejahteraan, dan pemberhentian ASN, untuk meningkatkan pengembangan karier, pemenuhan kebutuhan organisasi dan pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil.

Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut tetap cepat dalam memberikan pelayanan ditengah era disrupsi. Sehingga diperlukan Akselerasi kompetensi digital ASN yang dilakukan dalam merespon tantangan tersebut.

Hal utama yang perlu dan wajib dilakukan adalah menggalakkan budaya literasi teknologi pada ASN, antara lain literasi digital dan literasi data Berdasarkan Peraturan–peraturan yang mengatur tentang Manajemen ASN termasuk kedudukan jabatan fungsional.

Sekdaprov melanjutkan sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengembangan karier, memenuhi kebutuhan organisasi, dan mengembangkan kompetensi yang dimiliki agar kelak mampu menjalankan tugas secara professional.

Untuk memotivasi dan juga meningkatkan produktivitas pegawai dalam melaksanakan tugasnya, sehingga mampu berkontribusi pada pencapaian tujuan dan sasaran organisasi serta selaras dengan Core Value ASN BerAKHLAK yang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Bukan hanya sekedar slogan, tetapi menjadi akar yang tertanam kuat dalam budaya kerja aparatur sipil negara (ASN). dengan berlandaskan Pancasila, BerAKHLAK menjadi fondasi kokoh dalam penguatan budaya kerja ASN yang profesional dan solid.

Semua instansi Perangkat Daerah diharapkan bisa bertumbuh di atas fondasi tersebut untuk mencapai tujuan bersama yang mengerucut pada Visi Provinsi Lampung, Rakyat Lampung Berjaya.

Terakhir Sekdaprov mengajak menjadikan Rakor Bimtek Manajemen ASN ini sebagai momentum untuk memperkuat sinergitas dan meningkatkan kinerja dalam pembangunan ketenagakerjaan. Komitmen ini dilakukan dalam kerangka membangun SDM unggul untuk mewujudkan pelayanan ketenagakerjaan yang lebih baik di Provinsi Lampung. (*)

Cek Juga

Wagub Chusnunia Menjadi Inspektur Upacara HUT BPKP ke-39

Dibaca : 283 Beritaberlian.com, Bandar Lampung — Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, menjadi Inspektur Upacara …