Home / Daerah / Hadiri Wisuda Sarjana Universitas Muhammadiyah Lampung, Gubernur Harapkan Para Sarjana Miliki Kemauan Kuat Untuk Berkontribusi Bagi Daerahnya

Hadiri Wisuda Sarjana Universitas Muhammadiyah Lampung, Gubernur Harapkan Para Sarjana Miliki Kemauan Kuat Untuk Berkontribusi Bagi Daerahnya

Beritaberlian.com, Bandar Lampung — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri Sidang Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Lampung Wisuda Sarjana Tahun 2023 di Hotel Emersia, Selasa (05/09/2023).

Dalam sambutannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa para sarjana tidak hanya harus pintar namun juga pandai dalam berbagai disiplin ilmu.

Gubernur Arinal berharap agar para sarjana memiliki kemauan yang kuat untuk berkontribusi bagi daerahnya, khususnya dalam pembangunan pedesaan.

“Adik-adik saya harapkan mau kembali ke desanya masing-masing dan mau membangun desa, karena sesungguhnya potensi di desa itu sangat luar biasa,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi Lampung membutuhkan sumbangsih dari kalangan pendidik, tenaga kependidikan, dan para pengelola lembaga-lembaga pendidikan untuk mewujudkan Provinsi Lampung yang bermartabat.

Universitas Muhammadiyah Lampung sebagai Perguruan Tinggi diharapkan mampu memberikan kontribusi pada penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Saya mendukung pengembangan lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki program dan komitmen yang bersinergi dengan platform program Provinsi Lampung,” ucapnya.

Sejalan dengan cita-cita bangsa Indonesia yang telah dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Lembaga pendidikan memiliki peranan penting dalam mencapai cita-cita tersebut.

“Pemerintah tidak mungkin dapat memenuhi kewajibannya untuk menjamin terpenuhinya pendidikan seluruh rakyat, tanpa ada kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan swasta,” ucapnya.

Universitas Muhammadiyah Lampung salah satu perguruan tinggi swasta di Provinsi Lampung yang telah berperan dan turut serta dalam menjalankan amanat Pancasila dan UUD 1945 tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih karena Universitas Muhammadiyah telah berinisiatif untuk mencerdaskan bangsa, dan tugas ini bukan hanya tugas Pemerintah akan tetapi tugas kita bersama,” lanjutnya.

Jumlah perguruan tinggi swasta di Provinsi Lampung lebih banyak dibandingkan dengan jumlah Perguruan Tinggi Negeri. Untuk itu, sangat penting agar Perguruan tinggi swasta memperhatikan kualitasnya.

“Saya berharap Universitas Muhammadiyah Lampung dapat terus memajukan kualitas pendidikan termasuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sikap yang positif, kemampuan bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik,” ucap Gubernur.

“Saya yakin keberadaan Universitas Muhammadiyah Lampung mampu menjadi rujukan reformasi, universitas yang responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta universitas yang berlandaskan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin,” lanjutnya.

Kualitas pendidikan harus ditempatkan dalam skala prioritas dan menyatu dalam jiwa para dosen, karyawan, dan mahasiswa. Dengan demikian, sangat jelas dan nyata, perlu didukung dan bantu perguruan tinggi swasta agar dapat bersaing dalam merebut jaminan kualitas, sehingga akan terlahir sumber daya yang siap memajukan Provinsi Lampung untuk bersaing dengan provinsi lainya.

Persaingan di era Revolusi Industri 4.0 sangat lekat dengan konsep digitalisasi dan berbagai disrupsi akan mengarah pada perubahan. Era ini memberikan tantangan baru untuk berkompetisi dan memenangkan persaingan demi mendapatkan pekerjaan atau menciptakan pekerjaan.

Gubernur Arinal Djunaidi berpesan kepada para wisudawan/ wisudawati, agar terus meningkatkan keahlian sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing untuk menampilkan jati diri dan identitas sebagai tenaga kerja muslim yang professional dalam bidang  apapun pekerjaannya.

“Jadilah sarjana penggerak dan pelopor di dalam masyarakat dan di dalam pembangunan. Tunjukkanlah kemampuan diri dan kompetensi. Kembangkan kemandirian dan bekerja serta berkarya secara profesional,” pungkasnya.

Universitas Muhammadiyah Lampung berhasil meluluskan 220 Sarjana dari 12 Program studi dan telah meluluskan sebanyak 5.165 orang Sarjana sampai dengan bulan September 2023 ini.

Dalam kesempatan tersebut diumumkan wisudawan/ wisudawati terbaik untuk kategori Non- Akademik, Tingkat Fakultas dan Tingkat Universitas. Tiga lulusan terbaik Tingkat Universitas Muhammadiyah Lampung adalah : Rama Rilvano Marcell Prodi Sastra Inggris dengan IPK 3.93 (Dengan Pujian), Laila Wulandari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dengan IPK 3.91 (Dengan Pujian) dan Revi Maghriza prodi Ekonomi Syariah dengan IPK 3.88 (Dengan Pujian).

Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dr. Mardiana M.Pd.I. berpesan kepada Wisudawan/ wisudawati bahwa prosesi Ini adalah momentum yang sangat sakral Bagi tingkat pendidikan dimana Strata satu merupakan jenjang pijakan untuk kelas perguruan tinggi

“Pesan saya untuk selalu menjaga akhlak yang mulia dan menjadi karakter yang profesional dimanapun berada,” ucap Mardiana. (**).

Cek Juga

Pemkab Lampung Selatan 8 Tahun Berturut-turut Raih Opini WTP dari BPK

Dibaca : 489   Berita berlian.com, Bandar Lampung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali …