Home / Uncategorized / Provinsi Lampung Tuan Rumah Penyelenggaraan Jambore Nasional Yayasan Jantung Indonesia VII

Provinsi Lampung Tuan Rumah Penyelenggaraan Jambore Nasional Yayasan Jantung Indonesia VII

Beritaberlian.com, Bandar Lampung — Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto bersama Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal dan Ketua Pelaksana Jambore Nasional YJI VII dr. Djohan Lius, M.Kes, memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Jambore Nasional VII YJI di Gedung Pusiban, Rabu (06/09/2023).

Provinsi Lampung mendapatkan kepercayaan dan kehormatan sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Jambore Nasional YJI VII yang direncanakan akan  diselenggarakan mulai tanggal 14 September – 17 September 2023 yang diikuti oleh 24 Provinsi di seluruh Indonesia dan akan diikuti oleh 600 peserta dengan tambahan 250 peserta dengan total 850 peserta.

Janbore Nasional YJI VII ini merupakan kegiatan rutin 5 tahunan Yayasan Jantung Indonesia Pusat dan untuk pelaksanaan Jambore Nasional kali ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan oleh YJI cabang dalam hal ini YJI Provinsi Lampung berkolaborasi dengan YJI Pusat.

Event Nasional ini merupakan bagian daripada kegiatan preventif dan promotif dari YJI dalam rangka mengkampanyekan gaya hidup sehat di lingkungan masyarakat khususnya Provinsi Lampung.

Adapun tujuannya adalah sebagai sarana pertemuan antara pengurus, pelatih maupun anggota klub Jantung Sehat dan Klub Jantung Sehat Remaja di seluruh Indonesia sekaligus sebagai sarana pembinaan, pendidikan,  pengembangan, penyegaran, pengabdian dan memupuk rasa kesetiakawanan dalam suasana yang menyenangkan, sehat, riang gembira, mempererat persahabatan dan menambah persahabatan antar peserta Jambore.

“Sekitar 850 peserta akan berkunjung ke Lampung, ini juga keberkahan bagi kita semua, Pak Gubernur juga berpesan kita sebagai tuan rumah harus memberikan kontribuai yang maksimal dan mempersiapkannya sebaik mungkin,” ucap Sekdaprov Lampung.

Hal tersebut disampaikan Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Jambore Nasional VII di Gedung Pusiban.

“Orang sudah menganggap kita mampu menjadi destinasi nasional sebagai lokasi MICE ( _Meeting Incebtuve Convention and Exhibition_ ),” ungkapnya.

“Alhamdulillah ini tanda-tanda bahwa kita, Provinsi Lampung semakin hebat, dan agenda kita pada pagi ini memantapkan rencana kerja kita nanti dalam pelaksanaan Jambore Nasional YJI VII, ” lanjutnya.

Fahrizal Darminto mengecek kesiapan dari masing-masing OPD yang terlibat dalam kegiatan Jambore Nasional YJI VII ini dan memastikan agar setiap OPD benar-benar melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan mulai dari hal teknis dan non – teknis serta kemungkinan – kemungkinan hambatan dan kendala yang terjadi di lapangan saat pelaksanaan.

Selanjutnya Ketua YJI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal dalam arahannya menyampaikan bahwa terpilihnya Provinsi Lampung sebagai Tuan Rumah Jambore Nasional YJI VII ini merupakan hal yang luar biasa karena pelaksanaan Jambore Nasional ini setiap 5 tahun sekali, dan bukan hanya Provinsi Lampung yang menginginkan kegiatan ini, banyak provinsi lain juga yang menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah acara atau event berskala nasional ini.

“Itu pasti dampaknya akan luar biasa, yang pertama kita dianggap mampu untuk melaksanakannya kemudian akan berdampak terhadap sektor pariwisata maupun UMKM di Provinsi Lampung,” ucap Riana Sari Arinal.

Riana Sari Arinal memberikan arahan agar dalam pelaksanaan Jambore Nasional VII ini mencontoh sistem koordinasi dalam pelaksanaan Jambore Nasional PMR yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Lampung Selatan yang terbilang sukses dengan membentuk _Lead Organizer_ (LO) dimana Setiap LO adalah Kepala OPD dan Satu LO bertanggung jawab terhadap 1 Kontingen Provinsi.

“Walau bagaimanapun juga kita ingin memberikan yang terbaik bagi tamu-tamu kita, harapan saya juga semua dapat berjalan dengan lancar sehingga akan memberikan kesan yang terbaik untuk Provinsi Lampung,” ucapnya.

“Tidak ada kata lain selain kerja keras, kerja ikhlas dan kekompakan tim itu kuncinya,” tegas Riana Sari Arinal.

Jambore Nasional YJI VII ini mengambil tema Sahabat Generasi Sehat  “_We are the future_ ” dan memilih maskot Badak Lampung dengan sebutan “Kak Yaji” yang merupakan akronim dari Yayasan Jantung Indonesia.

Maskot Badak Lampung menggambarkan Sosok Individu yang gagah, kuat dan sehat mencerminkan Panca usaha Jantung Sehat sebagai langkah untuk memiliki jantung yang sehat yaitu : seimbangkan gizi, enyahkan rokok, hadapi dan atasi stress, awasi tekanan darah dan teratur berolahraga.

Kegiatan Jambore Nasional YJI VII ini akan dilakasanakan di beberpa lokasi yaitu : Lapangan Korpri, Lapangan Saburai, Swiss Bell Hotel, Ruang Abung dan Balai keratun Lt 3  komplek Kantor Gubernur, Gedung Pusiban, Mahan Agung dan Lokasi Wisata Wira Garden.

Dalam Rapat Koordinasi ini Ketua Pelaksana Jambore Nasional VIII dr. Djohan Lius, M.Kes memaparkan Run Down teknis penyelenggaraan mulai dari acara pembukaan, pelaksanaan sampai dengan acara penutupan. (***)

Cek Juga

Hore… Tenaga Honorer Pemkab Lampung Selatan Dapat THR Tahun Ini

Dibaca : 458 Beritaberlian.com, Kalianda – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memastikan tenaga harian lepas sukarela …