Home / Daerah / BUPATI PRINGSEWU KUNJUNGI DUKUH PRINGSEWU

BUPATI PRINGSEWU KUNJUNGI DUKUH PRINGSEWU

Beritaberlian.com, TEMANGGUNG – Meskipun terpisah jarak beratus-ratus kilometer, dimana yang satu berada di tengah-tengah Pulau Jawa, sedangkan yang satu berada di selatan Pulau Sumatera, tetapi kedua wilayah mempunyai satu kesamaan.

Kesamaan tersebut adalah sama-sama memiliki nama yang sama, kendatipun dengan status yang berbeda.

Adalah Pringsewu. Pringsewu yang pertama adalah nama sebuah pedukuhan atau dusun di Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.
Pringsewu yang kedua adalah nama sebuah Kabupaten sekaligus Kecamatan, yang berada di Provinsi Lampung.

Adanya kesamaan nama itulah, Bupati Pringsewu H.Sujadi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Budiman bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengunjungi pedukuhan kecil penghasil tembakau di kaki Gunung Sindoro di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu berkesempatan berbincang-bincang dengan Carik atau Sekretaris Desa setempat di Pringsewu, Ngadirejo, Temanggung, Jumat (16/11/18) petang.

Terkait adanya kesamaan nama antara dusunnya dengan Kabupaten Pringsewu, Carik Giripurno tersebut mengaku tidak mengetahui begitu banyak tentang asal-usul sejarah penamaan dusun tersebut dengan nama Pringsewu. Apakah ada kemungkinan keterkaitan antara Pringsewu di Jawa dengan yang di Sumatera, termasuk adanya kemungkinan nenek moyangnya dahulu juga mengikuti program kolonisasi ke Lampung pada masa kolonial Belanda.

Namun ia mengaku akan berusaha untuk mencari tahu sejarah pedukuhan tersebut kepada para tetua desa. Ia atas nama masyarakat Pedukuhan Pringsewu juga menyampaikan salam untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu di Provinsi Lampung.

Sementara itu, Bupati Pringsewu H.Sujadi juga mengatakan perlunya penggalian sejarah sebuah daerah, termasuk sejarah Pringsewu itu sendiri, baik Pringsewu yang ada di Lampung maupun yang ada di Temanggung, Jawa Tengah.

Bupati Pringsewu berharap ada sebuah titik temu dan sejarah yang dapat terungkap terkait wilayah Dusun Pringsewu, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung dan juga Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung. (*)

Cek Juga

Gubernur Arinal Djunaidi Harapkan Peran Serta Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2024 Di Provinsi Lampung

Dibaca : 8,240 Beritaberlian.com, BANDARLAMPUNG—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menggelar silaturahmi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah …