Home / Daerah / IIB Darmajaya dan UniMAP Jalin Kerjasama Berbagai Program Pendidikan Tinggi

IIB Darmajaya dan UniMAP Jalin Kerjasama Berbagai Program Pendidikan Tinggi

Beritaberlian.com, MALAYSIA — Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membuat terobosan besar di dunia pendidikan tinggi terutama di Lampung. Bekerjasama dengan Universiti Malaysia Perlis (UniMAP), IIB Darmajaya menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Kampus UniMAP.

Penandatanganan dilakukan Rektor IIB Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., MSc, dan Vice Chancellor UniMAP, Dato’ Professor Dr. Zul Azhar Zahid Jamal, di Kampus UniMAP, Jumat (21/12/2018) lalu.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya Prof. Ir. H. Zulkarnain Lubis, M.S., Ph.D; Kepala Biro Humas, Kerjasama, Pemasaran dan International Office (HKPI) Novita Sari S.Sos., M.M., dan Kabag International Office (IO) Anggi Andriyadi, S.Kom., M.T.I.
Wakil Rektor IV IIB Darmajaya Prof. Ir. H. Zulkarnain Lubis, M.S., Ph.D. menjelaskan kesepakatan kerjasama itu meliputi program Student Mobility, Joint Research, melalui Matching Grand, Workshop, and Laboratory Training, Language Development, Lecture/Staff Exchange, Remote Supervision, dan Short Term Mobility Student, International Conferrence on Culture, and Teleconferrence Lecture.

“IIB Darmajaya juga akan bekerjasama dengan UniMAP melakukan Joint Conferrence yang juga melibatkan universitas mitra lain seperti Prince of Songkla University (PSU) Thailand yang untuk pertamakalinya akan digelar pada 2019,” kata Prof. Zulkarnain.

Dia juga menjelaskan dari kerjasama itu juga dibahas rencana pencanangan program kursus bahasa Korea (Hangul) pertama dan satu-satunya di Provinsi Lampung pada 2019 mendatang. “Banyak hal yang kami bahas di UniMAP. Intinya, kami ingin memajukan pendidikan tinggi, khususnya di Lampung,” kata dia.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., M.Sc, menjelaskan Darmajaya memiliki visi untuk menjadi World Recognize University. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melebarkan sayap dalam melakukan kerjasama internasional dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri.

“Kerjasama yang dilakukan IIB Darmajaya bukan MoU semata, tapi dimplementasikan dalam berbagai program internasional yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang berdaya saing global,” kata Firmansyah.

Sedangkan Vice Chancellor UniMAP, Dato’ Professor Dr. Zul Azhar Zahid Jamal menjelaskan, Universiti Malaysia Perlis yang berdiri sejak 2001, memiliki program pendidikan Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. UniMAP beroperasi di 3 kampus utama yakni Kampus Alam Pauh Putra, Kampus Uniciti Alam, dan Kampus Kota.
Dia juga menjelaskan UniMAP juga memiliki Centre for International Language, dimana mahasiswa tidak hanya belajar Bahasa Inggris, tapi juga mendapat pelatihan Bahasa Mandarin, Perancis, Jepang, Korea dan lainnya. Tenaga pengajar didatangkan langsung dari negara asal bahasa tersebut. (**)

Cek Juga

Pertandingan Charity Game di Lampung wujud peduli sepakbola indonesia pada korban bencana

Beritaberlian.com, Bandar Lampung : Kapten Sepakbola Persija Jakarta, Andritany A menyebut selain pesan moral. Pertandingan Charity …

Send this to friend