Home / Daerah / WABUP PRINGSEWU VIDEO CONFERENCE DENGAN MENTERI KESEHATAN RI

WABUP PRINGSEWU VIDEO CONFERENCE DENGAN MENTERI KESEHATAN RI

 

Beritaberlian.com, PRINGSEWU – Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2018, Menteri Kesehatan RI melakukan Video Conference dengan enam pemerintah daerah se Indonesia.

Keenam daerah tersebut adalah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemerintah Kabupaten Kebumen-Jawa Tengah, Pemerintah Kota Kediri-Jawa Timur, Pemerintah Kota Yogyakarta-Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Pringsewu-Lampung.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. pada kesempatan tersebut melakukan komunikasi dua arah dengan Menteri Kesehatan RI melalui fasilitas video conference dari Aula Utama Kantor Sekretariat Pemkab Pringsewu, Kamis (31/5).

Prof.Dr.dr.Nila Farid Moeloek dari Kantor Kementerian Kesehatan RI pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu yang telah 2 kali menerima penghargaan yakni Pastika Parahita pada 2017 lalu, serta Pastika Parama yang baru saja diterima langsung oleh Bupati Pringsewu Hi.Sujadi di gedung Kementerian Kesehatan RI, karena telah memiliki Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sekaligus telah mengimplementasikannya.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa Pemkab Pringsewu telah melakukan sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu No.04/2014 tentang KTR ke seluruh OPD dan sekolah-sekolah, termasuk membangun 5 smoking area di komplek perkantoran Pemkab Pringsewu.

Kemudian mengalokasikan anggaran untuk penegakan Perda dimaksud, serta membentuk tim pengawas dan pembina untuk penegakan Perda.

Selain itu, pihaknya juga telah menandatangani MoU dan Perjanjian Kerja Sama di seluruh OPD, melakukan review implementasi KTR bersama Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, OPD terkait serta sekolah, disamping menggelar pelatihan upaya berhenti merokok, dan mengoptimalkan dukungan layanan UBM dengan berhenti merokok.

Upaya lainnya adalah dengan menyusun juknis larangan iklan rokok di luar gedung dan pelarangan sponsor rokok pada acara sekolah dan kampus.

Acara Video Conference Wabup Pringsewu dengan Menteri Kesehatan RI dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2018 tersebut dihadiri para asisten dan staf ahli bupati beserta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Pringsewu, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Drg.Anita Adriani beserta jajaran Dinkes Provinsi Lampung, para kepala sekolah, siswa SD, SMP dan SMA serta mahasiswa, juga komunitas Gerakan Tanpa Asap Rokok (Getar) Provinsi Lampung.

Pada kesempatan tersebut, juga turut dibacakan Deklarasi lmplementasi Kawasan Tanpa Rokok Kabupaten Pringsewu oleh para pejabat Pemerintah Kabupaten Pringsewu, serta para siswa dan mahasiswa, para guru, serta tamu dan undangan yang hadir.

Sementara itu, pada waktu dan acara yang sama di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Bupati Pringsewu Hi.Sujadi juga menerima penghargaan Pastika Parama dari Menteri Kesehatan RI.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia) untuk daerah yang menetapkan Kawasan Tanpa Rokok sekaligus telah mengimplementasikannya.(*)

Cek Juga

Pertandingan Charity Game di Lampung wujud peduli sepakbola indonesia pada korban bencana

Beritaberlian.com, Bandar Lampung : Kapten Sepakbola Persija Jakarta, Andritany A menyebut selain pesan moral. Pertandingan Charity …

Send this to friend