Home / Daerah / Lagi, IAIN Metro Terlambat Keluarkan Ijazah

Lagi, IAIN Metro Terlambat Keluarkan Ijazah

BeritaBerlian.com, Metro – Setelah resmi alih status IAIN Metro pada Agustus 2016 lalu, kemudian pada Maret 2017 mengadakan wisuda perdana periode I. Ijazah yang seharusnya keluar 3 bulan setelah wisuda, namun sampai sekarang masih ada beberapa jurusan yang belum juga keluar ijazahnya, Selasa (17/10).

Tertundanya pengeluaran ijazah ini diamini oleh Suhairi, Wakil Rektor I. “Iya, karena ijazahnya itu kan menggunakan kertasnya khusus jadi itu gak sembarang dan itu pemesanannya di Peruri, ngeprintnya juga gak sembarangan, maka itu baru diproses sekarang ini, bukan tidak jalan,” ujarnya saat di wawancarai Kronika. Warek I juga menambahkan bahwa belum keluarnya ijazah karena terkendala kertasnya.

Melihat terbatasnya kertas yang tersedia, jadi baru beberapa Jurusan saja yang dapat dikeluarkan ijazahnya. Seperti yang diungkapkan Suhairi, “Saya gak hafal ya prodi apa saja yang udah keluar ijazahnya, tapi yang udah diparaf itu ada HESY, PAI, TBI ya mungkin berdasarkan pengajuan kertasnya itu”, jelasnya. Ia juga menambahkan, “pengeluaran ijazahnya tergantung prosesnya dan sekarang lagi dikerjakan,” tambahnya.

Namun lain halnya dengan Warek I, Wulan Barokah alumni mahasiswa D3-PBS mengataka pengambilan ijazah harus menunggu Jurusan yang bersangkutan terakreditasi dulu dan kendalanya belum semua Jurusan telah terakreditasi. “Kalo mau ngambil ijazah harus nunggu prodinya diakreditasi dulu baru bisa diambil,” ujar Wulan. Berkaitan dengan akreditasi, Warek I menjelaskan Jurusan yang lama sudah terakreditasi semua, “Kalo akreditasi kita kan sudah, Jurusan yang lama sudah terakreditasi semua, hanya kaitannya dengan alih status itu kan porlap kita di PDIB sebelumnya kan masih STAIN nah itu, kayak nunggu hasilnya itu D3-PBS, S1-PBS sama HESY karena itu harus porlapnya diubah dari STAIN jadi IAIN itu tinggal nunggu nilai akreditasi, kalo HESY kan sudah, hanya perpanjangannya saja kalok D3 juga, tapi kalok S1-PBS memang belum, baru mengajukan,” tambahnya.

Wulan mengatakan bahwa ijazah merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan kerjaan, “ Dimana-mana persyaratan buat ngelamar kerja harus pake ijazah bukan SKL, pasti yang didahulukan yang udah pake ijazah”, ungkap Wulan Barokah. Ia juga berharap ijazahnya dikeluarkan, “Saya harap ijazahnya segera dikeluarkan. Karena bingung waktu mau daftar kerja,” tambahnya. Lansir kronika.id (Dewi Lestari)

Senada dengan Wulan, Linaria alumni D3-PBS mengatakan Semua angkatan saya belum ada yang keluar ijazahnya, “Semua angkatan saya belum ada yang keluar ijazahnya, waktu itu udah ditanyain ke jurusan katanya lagi nunggu akreditasi dan tinggal nunggu nilai”. Linaria juga mengharapkan agar pihak jurusan memberi solusi yang pasti, “Ya kalo ijazah belum ada kasih solusi yang pastilah, buat cari kerja aja susah kalo gak ada ijazah”. (red)

Cek Juga

Gubernur Arinal Djunaidi pimpin Rakor bersama Perbankan Bahas Optimalisasi sektor Pertanian melalui Kredit Usaha Rakyat. 

Dibaca : 443   Beritaberlian.com, Bandar Lampung, — Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menyampaikan arahan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to friend