Home / Daerah / Festival Napak Tilas Purbakala, Ajang Promosi Taman Purbakala Lampung Timur

Festival Napak Tilas Purbakala, Ajang Promosi Taman Purbakala Lampung Timur

BeritaBerlian.com, Lampung Timur – Guna lebih mempromosikan Taman Purbakala Pugung Raharjo sebagai salah satu destinasi wisata, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur gelar Festival Napak Tilas Purbakala yang juga merupakan salah satu Rangkaian dari Even Kalender Wisata 2017 di Taman Purbakala Pugung Raharjo Sekampung Udik, Sabtu (28/10/2017).

Dalam kegiatan Festival Napak Tilas Purbakala 2017 sendiri meliputi beberapa even kegiatan seperti Napak Tilas/Hiking, Pagelaran Tari Kolosal, Lomba Mewarnai, Lomba Fotografi, dan Ikrar Sumpah Pemuda serta Pelepasan Balon Merah Putih.

Berdasarkan penilaian para peneliti situs, Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan peninggalan Masa Megalitikum atau 2.500 Sebelum Masehi. Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo tergolong sangat unik, situs ini juga merupakan bukti tingginya kebudayaan dan teknologi yang dimiliki oleh para leluhur pada masa lampau.

Menurut Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Timur, bahwa “digelarnya Festival Napak Tilas Taman Purbakala bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga dimaksudkan untuk menarik minat generasi muda agar kembali mencintai keagungan warisan budaya leluhur”.

“Festival ini diharapkan dapat menjadi media dan ruang ekspresi bagi generasi muda dan sebagai media aktualisasi potensi diri, sekaligus sarana promosi mengenalkan warisan budaya daerah, khususnya Taman Purbakala Pugung Raharjo”, jelas mantan Kabag Protokol dan Kabag Perekonomian tersebut.

Hadir pada Festival Napak Tilas 2017 antara lain, Bupati Lampung Timur yang diwakili oleh Kepala Bappeda Lampung Timur, Puji Riyanto, Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulfakar, Pabung 0411/LT, Mayor Joko Subroto, serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Forkopimda dan Forkopimcam Sekampung Udik.

Pada kegiatan napak tilas yang diikuti oleh berbagai peserta dari unsur sekolah, komunitas, pramuka, tersebut Kadis Pendidikan Provinsi mengatakan, bahwa Festival Napak Tilas Taman Purbakala merupakan festival yang pertama diadakan di Provinsi Lampung yang diharapkan mampu meningkatkan sektor kepariwisataan.

“Dengan adanya festival ini saya berharap dapat meningkatkan sektor kepariwisataan yang ada di Kabupaten Lampung Timur, yang juga selaras dengan program kepariwisataan Provinsi Lampung”, harap Sulfakar saat sebelum melepas peserta Napak Tilas Taman Purbakala Pugung Raharjo. (*)

Cek Juga

Gubernur Arinal Djunaidi pimpin Rakor bersama Perbankan Bahas Optimalisasi sektor Pertanian melalui Kredit Usaha Rakyat. 

Dibaca : 443   Beritaberlian.com, Bandar Lampung, — Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menyampaikan arahan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Send this to friend