Home / Daerah / One Zone One Product, Bandar Agung Lampung Tengah Jadi Sentra Cabai Lado

One Zone One Product, Bandar Agung Lampung Tengah Jadi Sentra Cabai Lado

Beritaberlian.com, Lampung Tengah – Menyukseskan program one zone one product (satu daerah satu komoditas), Kampung Bandar Agung Kabupaten Lampung Tengah dicanangkan sebagai sentra penghasil cabai lado oleh Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa.
 
Saat meninjau perkebunan cabai lado di kampung Bandar Agung, Mustafa mengatakan, pembagian zona produk pertanian telah dilakukan di beberapa kampung disesuaikan dengan potensi SDM dan SDA yang dimiliki. 
 
“Untuk di Bandar Agung ini dicanangkan jadi sentra cabai. Cabai yang ditanam juga variannya berbeda, yakni cabai lado, lebih tahan panas dan tahan hama. Mudah-mudahan dengan varian lado ini, panen cabai bisa lebih melimpah dan kesejahteraan petani meningkat,” ungkapnya. 
 
Lebih jauh Mustafa menjelaskan, Program one zone one product merupakan salah satu upaya pemerintah menjaga stabilitas harga komoditas pertanian. Pengalaman anjloknya harga singkong beberapa bulan lalu, bupati ronda ini mencari solusi untuk mencegah inflasi di sektor pertanian.
Terkait pemasaran, petani tak perlu khawatir karena jangkauan tidak hanya pasar lokal, tetapi juga nasional. Begitu juga dengan harga, saat ini cabai untuk varietas lado mencapai Rp 30 ribu/kg. Harga ini tertinggi dibandingkan varietas lainnya. 
“Saat ini produksi cabai kita surplus. Tahun 2017 produksi cabai di Lampung Tengah 3.408,1 ton sementara kebutuhan kita 2.061,7 ton. Sisanya kita jual ke luar daerah, seperti ke Jakarta dan Sumatera Barat. Untuk pemasaran, Alhamdulillah tidak ada kendala,” ujar bupati. 
Menurutnya, program one zone one product juga telah diterapkan di beberapa daerah di Lampung Tengah agar bisa menghasilkan komoditas unggulan. “Seperti Kotagajah dengan bawang merahnya, Punggur dengan komoditas nanas, Gunung Batin dengan pisang raja bulu, Indra Puta Subing dengan komoditas jamur dan lainnya dengan komoditas yang berbeda-beda,” paparnya. 
 
Pada kesempatan itu, Mustafa juga mengajak para petani agar lebih kreatif dalam mengembangkan tanaman mereka. Petani diharapkan tidak hanya fokus menanam singkong, padi, tebu, tetapi juga tanaman lainnya yang punya nilai ekonomis tinggi.
 
“Mulai sekarang kita harus merubah pola tanam pertanian. Jangan hanya terpaku pada singkong, padi, dan tebu. Tanam jenis varian-varian baru yang nilai jualnya tak kalah menjanjikan, seperti jengkol, petai, bawang, jahe, dan lainnya. Dengan ini hasil tanaman kita lebih variatif, harga juga stabil,” tandasnya.
 
Sementara itu, Banu salah seorang petani menjelaskan, cabai lado memiliki beberapa keunggulan dibanding jenis lainnya. Selain harga bibit lebih murah, cabai lado lebih tahan dari hama dan cuaca panas.
 
“Buahnya juga lebat. Dua hektar lahan bisa menghasilkan 7-8 kwintal perhari. Tanaman juga bisa bertahan sampai 5 bulan. Hasil panen telah dipasarkan di pasar lokal do Bandar Agung dan Kota Metro,” jelasnya.  
 
Bangun Jalan dan Beri Bantuan Alat Pertanian
 
Tak hanya itu, untuk menunjang pemasaran dan akses pemasaran, Mustafa juga berjanji akan membangun jalan di Kampung Bandar Agung. Kondisi jalan yang masih tanah merah, diakui petani menjadi salah satu kendala dalam mengangkut hasil bumi mereka.
 
“Soal jalan akan kita selesaikan. Insya Allah segera dibangun. Dengan ini mobilitas warga lebih mudah, khususnya para petani, mereka lebih mudah mengangkut hasil panen. Insya Allah 3 kilometer jalan yang akan dibangun. Mohon doanya,” ujar bupati usai menyerahkan sejumlah bantuan alat pertanian kepada Poktan setempat. (*)
 
 
 

Cek Juga

Gubernur Arinal Djunaidi Harapkan Peran Serta Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2024 Di Provinsi Lampung

Dibaca : 8,231 Beritaberlian.com, BANDARLAMPUNG—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menggelar silaturahmi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah …