Home / Ekonomi / Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 Provinsi Lampung, Lansia Terawat Indonesia Bermartabat

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 Provinsi Lampung, Lansia Terawat Indonesia Bermartabat

Beritaberlian.com, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 Tahun 2023, bertempat di UPTD Tresna Werdha, Natar Lampung Selatan, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan yang bertemakan “Lansia Terawat Indonesia Bermartabat” tersebut, dimeriahkan dengan penampilan tarian, pembacaan puisi, paduan suara, yang dibawakan oleh Lansia, serta penyerahan hadiah lomba, dan pemberian penghargaan secara simbolis kepada PT Ersindo, dan PT CPI Feedmill Lampung, sebagai perwakilan dari perusahaan-perusahaan yang telah berpartisipasi terhadap UPTD Tresna Werdha selaku pembina Lansia.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si dalam sambutannya di acara tersebut menyampaikan, perhatian Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terhadap pemenuhan hak-hak lansia tertuang dalam misi ketiga yaitu meningkatkan kualitas SDM, mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan penyandang disabilitas, dengan tujuan yang hendak dicapai atau dihasilkan adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat (Lampung Sehat) termasuk di dalamnya lanjut usia, untuk mewujudkan “Rakyat Lampung Berjaya”. di bidang sosial.

Hal itu juga sejalan dengan tupoksi utama yang menjadi Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial Dinas Sosial Provinsi Lampung, dalam bentuk pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia terlantar di dalam Panti milik pemerintah Provinsi Lampung.

Guna mengoptimalkan layanan dalam Panti terhadap para lanjut usia, pada Tahun 2022, Gubernur melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung telah mengalokasikan anggaran rehabilitasi sarana dan prasarana kepada panti-panti, termasuk UPTD Lanjut Usia Tresna Werdha.

Gubernur Lampung melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung telah mendorong berdirinya sekolah lanjut usia pertama di Provinsi Lampung tepatnya di LKS Amanah Bunda Kabupaten Pringsewu, yang diresmikan oleh ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial LKKS Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, yang pada tanggal 22 Maret 2023 telah mewisuda angkatan pertama sebanyak 47 orang lanjut usia. Untuk wisuda angkatan kedua rencananya pada tanggal 25 di bulan ini sebanyak 46 orang.

Lansia sering dikatakan beban dalam keluarga, yang pada akhirnya mereka kurang mendapat perhatian.

Peran keluarga sangat menentukan terbentuknya lansia tangguh, keluarga bukan hanya wadah untuk tempat berkumpulnya ayah, ibu, anak dan nenek kakeknya, namun merupakan wahana awal pembentukan spiritual moral, serta karakter manusia dalam bentuk keluarga sejahtera.

Di dalam keluarga lah kita saling menghormati, saling menghargai, baik sesama anggota keluarga itu sendiri, maupun antara keluarga satu dengan yang lain, sehingga dapat melahirkan keluarga dan masyarakat, serta lansia yang berkepribadian dan bermoral tinggi, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai sosial budaya bangsa Indonesia, untuk bersama-sama membangun negara yang penuh kedamaian.

Diaharakan kepada semua pihak, untuk menciptakan suasana yang mendukung terjadinya perubahan dan perilaku lansia yang sehat dan produktif. Hal ini tentu dapat diwujudkan melalui terciptanya lingkungan ramah lansia, yang kemudian bisa mendorong kesehatan dan partisipasi aktif lansia.

“Kepada para pegiat dan pemerhati lanjut usia, Saya mengajak untuk melaksanakan kerja nyata, menyelenggarakan pelayanan bagi para lansia, agar mereka tetap merasa bahwa dirinya diperhatikan, dihormati dan disayangi, sehingga dengan kearifan dan pengalaman yang mereka miliki, dapat menjadi motivasi kita dalam membangun Provinsi Lampung yang sama-sama kita cintai”, tutup kadis.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr. Reihana, perwakilan dari TNI, Polri, dan mitra Dinas Sosial Provinsi Lampung. (*)

Cek Juga

Pemprov Lampung Terima Penghargan Salah Satu Provinsi Tercepat Penyelesaian Batas Daerah dan Kode Desa

Dibaca : 998   Beritaberlian.com, Jakarta–Pemerintah Provinsi Lampung menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri RI …