Home / Daerah / HUT IGTKI dan PGRI Momentum Guru PAUD Meningkatkan Komptensi

HUT IGTKI dan PGRI Momentum Guru PAUD Meningkatkan Komptensi

Beritaberlian.com, Bandar Lampung–Bunda PAUD Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal diwakili oleh Ketua Pokja Bunda Paud Provinsi Lampung Rusdiana Adi Erlansyah, membuka Seminar dan HUT Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) – PGRI ke-73 bertempat di Balai Keratun Lt.III, Selasa (11/07/2023)

Seminar mengambil tema ‘Membangkitkan Soliditas dan Solidaritas Organisasi IGTKI – PGRI dalam rangka Meningkatkan Kompetensi Guru Taman Kanak-kanak yang Profesional Menuju Pendidikan Berkualitas’.

Bunda PAUD Provinsi Lampung dalam sambutan tertulis yang disampaikan Ketua Pokja Bunda Paud Provinsi Lampung Rusdiana Adi Erlansyah mengatakan bahwa Pendidikan usia dini merupakan pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar – dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak.

“Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Guru dalam pendidikan anak usia dini merupakan komponen penting peranannya dalam menentukan berhasil tidaknya Program PAUD. Guru bagi anak usia dini juga dapat membantu tercapainya pertumbuhan dan perkembangan yang optimal,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda PAUD juga menyampaikan apresiasinya atas telah diluncurkannya program Gerakan Transisi PAUD-SD oleh Kemendikbudristek melalui kegiatan Merdeka Belajar Episode ke- 24.

“Melalui program ini mari kita terus berupaya untuk mengakhiri miskonsepsi tentang pembelajaran. Kita perlu membangun Fondasi yang holistik agar setiap anak memiliki hak untuk dibina bukan hanya kognitif saja melainkan juga kematangan emosi, kemandirian, serta kemampuan berinteraksi,” lanjutnya.

Menurutnya, kemampuan literasi dan numerasi anak juga harus dibangun secara bertahap mulai dari jenjang PAUD dengan cara yang menyenangkan.

“Dengan keterlibatan semua pihak, setiap anak dapat mendapatkan kemudahan dalam bertransisi dari PAUD ke Pendidikan Dasar. Lalu, bagi Peserta didik SD yang tidak pernah mengikuti PAUD, akan tetap mendapatkan haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi, sehingga memiliki pijakan yang kuat untuk memperoleh pembelajaran selanjutnya,” lanjutnya.

Pada momentum peringatan HUT IGTKI dan PGRI yang ke 73 Tahun 2023, diharapkan agar Guru PAUD mampu meningkatkan kompetensinya.

“Saya berharap agar Guru PAUD terus meningkatkan kompetensinya untuk menjadi Guru yang profesional agar dapat memikirkan dan membuat perencanaan pembelajaran yang aktif dan atraktif,” ucapnya.

Rusdiana  juga mengatakan, bahwa dengan menerapkan program yang sesuai dengan kelompok usia anak, serta program yang menyenangkan yang berpusat pada anak sehingga pada gilirannya akan membentuk anak-anak yang kreatif dan inovatif dalam memecahakan masalah dan siap menghadapi berbagai tantangan.

Diakhir, Ketua Pokja Bunda Paud Provinsi Lampung Rusdiana mengajak IGTKI dan seluruh komponen PAUD dapat berjalan seiring sejalan dalam mewujudkan Program PAUD untuk menyiapkan SDM masa depan yang cerdas, tangguh, dan memiliki kompetensi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan kepada para juara lomba dalam rangka memperingati HUT IGTKI PGRI yang ke 73 Tahun 2023 oleh Bunda PAUD Provinsi Lampung yang diwakili oleh Ketua Pokja Bunda Paud Provinsi Lampung Rusdiana Adi Erlansyah. (***)

Cek Juga

Gubernur Arinal Djunaidi Harapkan Peran Serta Semua Pihak Sukseskan Pemilu 2024 Di Provinsi Lampung

Dibaca : 5,854 Beritaberlian.com, BANDARLAMPUNG—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menggelar silaturahmi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah …